Sorga, Neraka, Firdaus, Hades dan Intermediate-State/Status-Antara


Sering kita mendengar pengajaran2 tentang Surga dan Neraka. Saya sering mendengar pengajaran jika orang mati itu pergi ke suatu tempat yang namanya Firdaus dan Hades, katanya Firdaus dan Hades itu berbeda dengan Sorga dan Neraka, katanya nanti setelah dari Hades baru dipindahkan ke Neraka. Ada juga yang mengajarkan bahwa orang2 di Hades masih bisa diinjili dan mendapat kesempatan untuk selamat. Sementara yang lain lagi ada yang berpendapat bahwa perkataan “selamat masuk Sorga” itu salah karena kita tidak akan masuk Sorga tetapi masuk ke Langit Baru dan Bumi Baru dan orang percaya yang mati sekarang ini akan pergi ke Firdaus bukan Sorga. Belum lagi banyak yang memberikan kesaksian pernah melihat Sorga dan Neraka. Beberapa orang lagi kebingungan karena cerita yang simpang siur tentang Sorga dan Neraka. Mari kita membahasnya.

1. Apakah FIRDAUS berbeda dengan SORGA?

Beberapa orang berpendapat bahwa FIRDAUS itu lain dengan SORGA, tetapi biasanya orang yang menganut pandangan seperti ini meyakini bahwa FIRDAUS sama dengan PANGKUAN ABRAHAM.

Di dalam Perjanjian Lama, FIRDAUS adalah EDEN/taman EDEN. Yang sering menjadi sorotan permasalahan adalah kejadian dimana Tuhan yesus berkata pada penjahat di sebelah kiriNya waktu di salib “engkau akan bersama2 dengan Aku di dalam FIRDAUS.”

Lukas 23:43 Kata Yesus kepadanya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus.”

Jadi dari sini beberapa orang berpendapat bahwa jika kita selamat dan mati maka kita akan berada di suatu tempat yang bernama FIRDAUS, bukan SORGA, katanya SORGA adalah tempat Allah berada dan kita tidak akan kesana.

Baiklah saya akan mengajak kita semua untuk melihat ayat2 yang berhubungan dengan SORGA dan FIRDAUS.

Kata SORGA diambil dari kata Yunani OURANOS, dan FIRDAUS diambil dari kata Yunani PARADEISOS.

A. Kata OURANOS/SORGA bisa menunjuk beberapa hal.

1. KERAJAAN/PEMERINTAHAN ALLAH

Matius 3:2 Bertobatlah, sebab Kerajaan(BASILEIA) Sorga(OURANOS) sudah dekat!

Beberapa berpendapat bahwa ini adalah Kerajaan Allah yang ada di bumi saat ini, bukan SORGA yang diatas.

2. LANGIT

Matius 3:17 lalu terdengarlah suara dari sorga(OURANOS) yang mengatakan: “Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan.”

Ada yang menerjemahkan langit/mendengar suara dari langit, bandingkan dengan ayat Lukas 3:22 dibawah ini.

Lukas 3:22 dan turunlah Roh Kudus dalam rupa burung merpati ke atas-Nya. Dan terdengarlah suara dari langit(OURANOS): “Engkaulah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Mulah Aku berkenan.”

Matius 16:2 Tetapi jawab Yesus: “Pada petang hari karena langit(OURANOS) merah, kamu berkata: Hari akan cerah,

3. SORGA/FIRDAUS/PANGKUAN ABRAHAM

Lukas 23:43 Kata Yesus kepadanya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus(PARADEISOS).”

Lukas 16:22 Kemudian matilah orang miskin itu, lalu dibawa oleh malaikat-malaikat ke pangkuan Abraham.

Kisah Para Rasul 3:21 Kristus itu harus tinggal di sorga(OURANOS) sampai waktu pemulihan segala sesuatu, seperti yang difirmankan Allah dengan perantaraan nabi-nabi-Nya yang kudus di zaman dahulu.

Jika OURANOS beda dengan FIRDAUS dan beda dengan PANGKUAN ABRAHAM maka Yesus berbohong kepada penjahat di sebelah kiriNya, pertama Yesus berjanji kepada penjahat di sebelah kiriNya bahwa dia akan bersama2 dengan Yesus di FIRDAUS dan ternyata Kis 3:21 menerangkan Yesus terbangnya ke OURANOS bukan FIRDAUS dan bukan juga ke PANGKUAN ABRAHAM.

Penulis kitab Kisah Para Rasul adalah juga Lukas. Jadi LUKAS YANG SAMA menuliskan jika orang selamat mati maka akan pergi ke: FIRDAUS, PANGKUAN ABRAHAM.

Lukas menulis orang yang mati selamat akan bersama2 dengan Yesus di FIRDAUS dan Lukas menulis Yesus terangkat dan tinggal di SORGA(OURANOS). Jika maksud Lukas, FIRDAUS n PANGKUAN ABRAHAM n SURGA itu tidak mengacu pada hal yang sama, maka ada beberapa kemungkinan.

1. Apakah Yesus berbohong pada penjahat yang di sebelah kiriNya?

2. Apakah Lukas yang berbohong atau lagi ngelindur waktu menulis kitab2 itu?

3. Apakah memang FIRDAUS, PANGKUAN ABRAHAM dan SORGA itu beda tetapi Yesus dan Lukas mempunyai maksud yang berbeda dari apa yang kita tidak mengerti?

Saya menolak kemungkinan pertama. Pada kemungkinan ke 3, jika kita tidak bisa mengetahui maksud Yesus dan Lukas maka setidak2nya kita perlu melakukan suatu penafsiran dengan melihat ayat2 yang lain lagi agar kita bisa mendekati tafsiran yang lebih kuat. Mari kita coba membandingkan dengan ayat yang lain lagi, apakah Lukas lagi ngelindur?

Yohanes 14:2-3

(2) Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. (3) Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada.

Disini Yesus berkata bahwa Dia akan pergi ke RUMAH BAPA YANG ADALAH TEMPAT DIA TINGGAL dan DIA AKAN MEMBAWA KITA BERSAMA2 DENGAN DIA, TEMPAT DIMANA DIA BERADA DISITU KITA BERADA. Yang dimaksud Yesus dengan “rumah BapaKu yang merupakan tempatKu” ini LANGIT atau FIRDAUS(tempat penantian) atau SORGA? Menurut saya, tidak mungkin rumah Bapa adalah tempat penantian sementara. Tapi marilah kita buktikan lagi dengan ayat yang lain.

Matius 6:9 Karena itu berdoalah demikian: Bapa kami yang di sorga(OURANOS), Dikuduskanlah nama-Mu,

Efesus 1:20 yang dikerjakan-Nya di dalam Kristus dengan membangkitkan Dia dari antara orang mati dan mendudukkan Dia di sebelah kanan-Nya di sorga(OURANOS),

Efesus 2:4-6

(4) Tetapi Allah yang kaya dengan rahmat, oleh karena kasih-Nya yang besar, yang dilimpahkan-Nya kepada kita,(5) telah menghidupkan kita bersama-sama dengan Kristus, sekalipun kita telah mati oleh kesalahan-kesalahan kita–oleh kasih karunia kamu diselamatkan–(6) dan di dalam Kristus Yesus Ia telah membangkitkan kita juga dan memberikan tempat bersama-sama dengan Dia di sorga(OURANOS),

1 kor 15:47-49

(47) Manusia pertama berasal dari debu tanah dan bersifat jasmani, manusia kedua berasal dari sorga(OURANOS). (48) Makhluk-makhluk alamiah sama dengan dia yang berasal dari debu tanah dan makhluk-makhluk sorgawi sama dengan Dia yang berasal dari sorga(OURANOS). (49) Sama seperti kita telah memakai rupa dari yang alamiah, demikian pula kita akan memakai rupa dari yang sorgawi(EPOURANIOS).

Jadi Yesus berasal dari SORGA(OURANOS) yang adalah juga tempat Allah Bapa. Yesus berjanji untuk pulang ketempat Dia berasal yang adalah tempat Bapa tinggal juga untuk menyediakan tempat bagi orang yang percaya. Efesus 2:4-6 mengatakan bahwa Allah memberikan tempat bagi orang yang percaya bersama2 dengan Yesus di SORGA.

Yesus berjanji pada penjahat di sebelah kiri bahwa Yesus akan bersama2 dengan dia di FIRDAUS, jika Allah memberikan tempat pada orang percaya di SORGA bersama2 dengan Yesus, maka seharusnya mereka ber 3, Yesus n Allah Bapa dan penjahat di sebelah kiri berada di “tempat” yang sama. Jika Yesus berjanji akan bersama2 dengan orang di sebelah kiri akan bersama2 di FIRDAUS, maka mustahil jika FIRDAUS dan PANGKUAN ABRAHAM dan SORGA tidak menunjuk kepada sesuatu yang sama.

Jadi apakah Alkitabiah jika orang Kristen berkata “jika mati masuk SORGA?” YA! SANGAT ALKITABIAH!

2Korintus 12:2-4

(2) Aku tahu tentang seorang Kristen; empat belas tahun yang lampau–entah di dalam tubuh, aku tidak tahu, entah di luar tubuh, aku tidak tahu, Allah yang mengetahuinya–orang itu tiba-tiba diangkat ke tingkat yang ketiga dari sorga(OURANOS). (3) Aku juga tahu tentang orang itu, –entah di dalam tubuh entah di luar tubuh, aku tidak tahu, Allah yang mengetahuinya– (4) ia tiba-tiba diangkat ke Firdaus(PARADEISOS) dan ia mendengar kata-kata yang tak terkatakan, yang tidak boleh diucapkan manusia.

Paulus memakai kata OURANOS dan PARADEISOS untuk menunjuk hal yang sama. Jika 2 kata itu menunjuk tempat yang berbeda maka, apakah FIRDAUS ada di LANGIT tingkat ke 3? Atau apakah FIRDAUS itu ada di SURGA tingkat ke 3? Atau SURGA itu ada di LANGIT tingkat ke 3? Atau…. tidak jelas. Misalpun FIRDAUS berada di SORGA tingkat 3, maka benarlah jika kita berkata “masuk sorga,” karena FIRDAUS dan SORGA tetap berada di area yang sama.

2Timotius 4:18 Dan Tuhan akan melepaskan aku dari setiap usaha yang jahat. Dia akan menyelamatkan aku, sehingga aku masuk ke dalam Kerajaan-Nya(BASILEIA)(AUTOS) di sorga(EPOURANIOS/di sorga, dari kata OURANOS). Bagi-Nyalah kemuliaan selama-lamanya! Amin.

Paulus menerangkan akan masuk ke dalam OURANOS/SORGA. Jika FIRDAUS dan SORGA menunjuk hal yang berbeda, lalu apakah Paulus punya wewenang khusus sehingga tidak bersama2 dengan orang2 lain di tempat penantian FIRDAUS?

Ada yang menyanggah saya bahwa kata “Kerajaan Sorga” itu dipakai untuk Kerajaan sorga di bumi bukan di langit/sorga.

Tanggapan saya adalah, jika memang benar demikian, di ayat ini toh dikatakan “KERAJAAN-NYA DI SORGA/BASILEIA AUTOS EPOURANIOS” bukan “KERAJAAN SORGA/BASILEIA OURANOS.” Jika kerajaan di ayat ini adalah pemerintahan kerajaan sorga yang di bumi maka ayatnya akan menjadi tidak pas karena Paulus sudah menjadi warga kerajaan sorga di bumi, sedangkan disini Paulus berkata “Dia akan.” Jika kata “selamat” yang dimaksud Paulus adalah selamat karena menerima Kristus maka akan menjadi tidak pas karena jelas Paulus sudah menerima Kristus. Apakah LAI salah terjemahan? Mari kita cek.

Kata “di sorga” memakai kata EPOURANIOS berarti: sorgawi, benda2 sorgawi, makhluk2 sorga, di sorga, yang ada di langit, dll.

Kata “akan menyelamatkan” memakai kata SOZI ditulis SWSEI, dari kata SOZO(menyelamatkan) ditulis SWSW. W yang terkhir menjadi EI adalah menunjukkan bentuk FUTURE AKTIF UNTUK ORANG KE 3. Jadi kesimpulan saya memang yang dimaksudkan Paulus disini adalah dia BELUM berada dan akan ada di dlm Kerajaan Allah di SORGA.

Jika kata EPOURANIOS kita artikan sebagai “surgawi” berarti Tuhan belum menyelamatkan Paulus melalui Kristus alias Paulus belum masuk menjadi warga kerajaan Allah karena kata “menyelamatkan” ditulis dalam bentuk FUTURE AKTIF/AKAN. Padahal disini Paulus sudah menjadi warga kerajaan Allah di dunia ini didalam Kristus. Jadi kesimpulan saya, Paulus bukan berkata tentang pemerintahan Allah di bumi.

Jika masih kurang yakin yang dimaksud Paulus adalah benar2 sorga yang diatas(bukan pemerintahan Allah yang di bumi), bagaimana dengan ayat dibawah ini?

2Korintus 5:1 Karena kami tahu, bahwa jika kemah tempat kediaman kita di bumi ini dibongkar, Allah telah menyediakan suatu tempat kediaman di(EN) sorga(OURANOS) bagi kita, suatu tempat kediaman yang kekal, yang tidak dibuat oleh tangan manusia.

Paulus berkata bahwa tempat kediaman kita DI SORGA/EN OURANOS bukan EN PARADEISOS. Ada yang menyanggah saya bahwa “di sorga” itu bisa saja artinya “di langit” dan yang dimaksud berada di langit adalah FIRDAUS(tempat penantian). Jawaban saya adalah: jika FIRDAUS hanya diartikan sebagai tempat penantian maka seharusnya tempat kediaman kita tidak kekal, karena kita semua akan rame2 transmigrasi ke Langit Baru Bumi Baru. sedangkan di ayat ini dikatakan TEMPAT KEDIAMAN YANG KEKAL.

Wahyu 5:3 Tetapi tidak ada seorangpun yang di sorga(OURANOS) atau yang di bumi atau yang di bawah bumi, yang dapat membuka gulungan kitab itu atau yang dapat melihat sebelah dalamnya.

Semua terjemahan bhs Inggris NETbible, NIV, NASB, NLT, MSG, BBE, NRSV, NKJV memakai kata NO ONE(tidak seorangpun), berarti ada orang2 di SORGA. Wahyu 5:3 menerangkan ada orang2 di OURANOS/SORGA. Jika FIRDAUS yang dimaksud Yesus tidak mengacu pada SORGA, lalu siapakah orang2 di SORGA ini? Apakah orang2 dari FIRDAUS(tempat penantian) yang dipindah transmigrasi ke SORGA?

Di dalam Perjanjian Lama kata yang menunjuk SORGA adalah SHAMAYIM.

1Raj 8:30 Dan dengarkanlah permohonan hamba-Mu dan umat-Mu Israel yang mereka panjatkan di tempat ini; bahwa Engkau juga yang mendengarnya di tempat kediaman-Mu di sorga(SHAMAYIM); dan apabila Engkau mendengarnya, maka Engkau akan mengampuni.

2. DUNIA ORANG MATI dan NERAKA

Kata “DUNIA ORANG MATI” di dalam PB diterjemahkan dari kata HADES, dan di dalam PL diambil dari kata SHEOL. Kata “NERAKA” di dalam Perjanjian Baru sering diterjemahkan dari kata GEHENNA.

Ulangan 32:21-22

(21) Mereka membangkitkan cemburu-Ku dengan yang bukan Allah, mereka menimbulkan sakit hati-Ku dengan berhala mereka. Sebab itu Aku akan membangkitkan cemburu mereka dengan yang bukan umat, dan akan menyakiti hati mereka dengan bangsa yang bebal. (22) Sebab api telah dinyalakan oleh murka-Ku, dan bernyala-nyala sampai ke bagian dunia orang mati(SHEOL) yang paling bawah; api itu memakan bumi dengan hasilnya, dan menghanguskan dasar gunung-gunung.

Matius 11:23 Dan engkau Kapernaum, apakah engkau akan dinaikkan sampai ke langit? Tidak, engkau akan diturunkan sampai ke dunia orang mati(HADES)! Karena jika di Sodom terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, kota itu tentu masih berdiri sampai hari ini.

Lukas 12:5 Aku akan menunjukkan kepada kamu siapakah yang harus kamu takuti. Takutilah Dia, yang setelah membunuh, mempunyai kuasa untuk melemparkan orang ke dalam neraka(GEENA). Sesungguhnya Aku berkata kepadamu, takutilah Dia!

Matius 5:22 Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang marah terhadap saudaranya harus dihukum; siapa yang berkata kepada saudaranya: Kafir! harus dihadapkan ke Mahkamah Agama dan siapa yang berkata: Jahil! harus diserahkan ke dalam neraka(GEENA) yang menyala-nyala.

Kata GEHENNA diambil dari PL yaitu dari lembah GE-HINNOM atau GAY BEN-HINNOM.

2Tawarikh 28:3 Ia membakar juga korban di Lebak(GAY) Ben-Hinom(HINNOM) dan membakar anak-anaknya sebagai korban dalam api, sesuai dengan perbuatan keji bangsa-bangsa yang telah dihalaukan TUHAN dari depan orang Israel.

2Tawarikh 33:6 Bahkan, ia mempersembahkan anak-anaknya sebagai korban dalam api di Lebak(GAY) Ben-Hinom(HINNOM); ia melakukan ramal, telaah dan sihir, dan menghubungi para pemanggil arwah dan para pemanggil roh peramal. Ia melakukan banyak yang jahat di mata TUHAN, sehingga ia menimbulkan sakit hati-Nya.

Lembah Hinnom ini adalah tempat dimana Ahas mengorbankan anak2 di dalam api. Raja Manasye juga mengorbankan anak2 di dalam api di sini. Pada waktu reformasi Yosia, lembah itu dinyatakan najis dan digunakan untuk tempat pembuangan sampah Yeusalem. Api terus menerus membakar sampah2 disitu dan ulat2 terus menerus berkembangbiak di sampah2 itu. Dari situlah diambil gambaran tentang NERAKA/GEHENNA dimana terdapat api kekal dan ulat2 nya tidak mati.

Yesya 66:24 Mereka akan keluar dan akan memandangi bangkai orang-orang yang telah memberontak kepada-Ku. Di situ ulat-ulatnya tidak akan mati, dan apinya tidak akan padam, maka semuanya akan menjadi kengerian bagi segala yang hidup.

Markus 9:47-48

(47) Dan jika matamu menyesatkan engkau, cungkillah, karena lebih baik engkau masuk ke dalam Kerajaan Allah dengan bermata satu dari pada dengan bermata dua dicampakkan ke dalam neraka,(48) di mana ulat-ulat bangkai tidak mati dan api tidak padam.

Wahyu 21:8 Tetapi orang-orang penakut, orang-orang yang tidak percaya, orang-orang keji, orang-orang pembunuh, orang-orang sundal, tukang-tukang sihir, penyembah-penyembah berhala dan semua pendusta, mereka akan mendapat bagian mereka di dalam lautan yang menyala-nyala oleh api dan belerang; inilah kematian yang kedua.”

Matius 8:12 sedangkan anak-anak Kerajaan itu akan dicampakkan ke dalam kegelapan yang paling gelap, di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi.”

Menurut saya, api, ulat, kegelapan hanyalah gambaran. Jika ini adalah harafiah, bagaimana mungkin ada tempat dimana terdapat api yang menyala2 dan sekaligus tempat dimana kegelapan yang paling gelap? Seharusnya kegelapan yang paling gelap itu tidak ada cahaya sama sekali, sedangkan api yang menyala2 itu menghasilkan cahaya yang sangat besar.

Lalu jika semua itu adalah gambaran, apakah arti NERAKA itu?

2Tesalonika 1:9 Mereka ini akan menjalani hukuman kebinasaan selama-lamanya, dijauhkan dari hadirat Tuhan dan dari kemuliaan kekuatan-Nya,

Menurut saya, inilah esensi sesungguhnya dari NERAKA, DIJAUHKAN DARI HADIRAT TUHAN DAN DARI KEMULIAN KEKUATANNYA.

Bisa saja ini memang berupa tempat, tetapi tempat seperti apa? Kita tidak akan tahu karena disini adalah di dalam alam lain, sedangkan kita masih di dalam alam badaniah yang terbatas dengan kefana-an, sedangkan di NERAKA ini adalah tempat di dalam dimensi kekekalan. Esensi rohani yang bisa kita ambil adalah: PUTUS HUBUNGAN DENGAN TUHAN.

Neraka adalah suatu tempat dimana keadaan orang akan mengalami putus hubungan dengan Tuhan. Putus hubungan dengan Allah adalah mati. Maka disebut mati kekal.

3. Apakah NERAKA(GEHENNA, SHEOL) berbeda dengan DUNIA ORANG MATI(HADES)?

A. Tidak ada kata padanan untuk HADES dan FIRDAUS di dalam PL.

Saya belum pernah menemukan padanan FIRDAUS(yang dianggap sebagai tempat penantian) dan HADES(yang dianggap sebagai tempat penantian) di PL. Beberapa orang yang saya anggap sebagai guru dari berbagai aliran denominasi juga berpendapat sama, tidak ada kata padanannya, sampai tulisan ini ditulis saya masih mencari2 di berbagai buku eskatologi tapi belum pernah menemukan kata padanannya.

Di PL dalam bahasa Ibrani hanya ada SHAMAYIM:SURGA dan SHEOL:NERAKA. Telah kita pelajari di dalam PB ada kata SORGA(OURANOS), HADES(DUNIA ORANG MATI), PARADEISOS(FIRDAUS) dan GEHENNA(NERAKA).

Jika di PB ada OURANOS(SURGA) dan GEENNA(NERAKA) sebagai padanan SHAMAYIM(SORGA) dan SHEOL(NERAKA), Lalu apakah kata padanan untuk HADES dan FIRDAUS sebagai tempat penantian?

Jika SHEOL diartikan sebagai dunia orang mati dimana disitu adalah tempat penantian(HADES) yang bukan menunjuk pada NERAKA(GEHENNA), maka PL tidak mempunyai kata untuk NERAKA.

B. HADES tidak selalu dikontraskan dengan FIRDAUS

Mengapa di dalam PB penggunaan kata HADES juga dikontraskan dengan OURANOS dan tidak selalu dikontraskan dengan PARADEISOS? Jika memang secara konsisten HADES dipakai untuk arti sebuah tempat penantian yang bukan GEHENNA, seharus secara konsisten kata itu dipake untuk menjadi lawa dari FIRDAUS. Tetapi ternyata HADES tidak selalu dikontraskan dengan FIRDAUS, ada kalanya HADES dikontraskan dengan OURANOS(SORGA).

Jadi kata ini bisa dibolak-balik penggunaannya, alias mengacu pada sesuatu yang sama.

Matius 11:23 Dan engkau Kapernaum, apakah engkau akan dinaikkan sampai ke langit(OURANOS)? Tidak, engkau akan diturunkan sampai ke dunia orang mati(HADES)! Karena jika di Sodom terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, kota itu tentu masih berdiri sampai hari ini.

4. Intermediate state/Status antara

Status antara sebagai tempat netral???

Ada pengajaran yang mengajarkan bahwa tempat SHEOL/HADES itu adalah suatu TEMPAT NETRAL dimana nanti orang2 masih bis punya kesempatan untuk selamat atau tidak selamat. Bisa diInjili lagi, sehingga mereka masih bebas untuk bisa menerima Injil atau menolak Injil. Sering juga ajaran ini dinamakan Penginjilan Orang Mati.

Ayat2 pandangan status antara-tempat netral/penginjilan orang mati:

Kejadian 37:35 Sekalian anaknya laki-laki dan perempuan berusaha menghiburkan dia, tetapi ia menolak dihiburkan, serta katanya: “Tidak! Aku akan berkabung, sampai aku turun mendapatkan anakku, ke dalam dunia orang mati(SHEOL)!” Demikianlah Yusuf ditangisi oleh ayahnya.

1Samuel 28:13-19

(13) Maka berbicaralah raja kepadanya: “Janganlah takut; tetapi apakah yang kaulihat?” Perempuan itu menjawab Saul: “Aku melihat sesuatu yang ilahi muncul dari dalam bumi.” (14) Kemudian bertanyalah ia kepada perempuan itu: “Bagaimana rupanya?” Jawabnya: “Ada seorang tua muncul, berselubungkan jubah.” Maka tahulah Saul, bahwa itulah Samuel, lalu berlututlah ia dengan mukanya sampai ke tanah dan sujud menyembah. (15) Sesudah itu berbicaralah Samuel kepada Saul: “Mengapa engkau mengganggu aku dengan memanggil aku muncul?” Kata Saul: “Aku sangat dalam keadaan terjepit: orang Filistin berperang melawan aku, dan Allah telah undur dari padaku. Ia tidak menjawab aku lagi, baik dengan perantaraan nabi maupun dengan mimpi. Sebab itu aku memanggil engkau, supaya engkau memberitahukan kepadaku, apa yang harus kuperbuat.” (16) Lalu berbicaralah Samuel: “Mengapa engkau bertanya kepadaku, padahal TUHAN telah undur dari padamu dan telah menjadi musuhmu?(17) TUHAN telah melakukan kepadamu seperti yang difirmankan-Nya dengan perantaraanku, yakni TUHAN telah mengoyakkan kerajaan dari tanganmu dan telah memberikannya kepada orang lain, kepada Daud. (18) Karena engkau tidak mendengarkan suara TUHAN dan tidak melaksanakan murka-Nya yang bernyala-nyala itu atas Amalek, itulah sebabnya TUHAN melakukan hal itu kepadamu pada hari ini. (19) Juga orang Israel bersama-sama dengan engkau akan diserahkan TUHAN ke dalam tangan orang Filistin, dan besok engkau serta anak-anakmu sudah ada bersama-sama dengan daku. Juga tentara Israel akan diserahkan TUHAN ke dalam tangan orang Filistin.”

1Petrus 3:18-20

(18) Sebab juga Kristus telah mati sekali untuk segala dosa kita, Ia yang benar untuk orang-orang yang tidak benar, supaya Ia membawa kita kepada Allah; Ia, yang telah dibunuh dalam keadaan-Nya sebagai manusia, tetapi yang telah dibangkitkan menurut Roh,(19) dan di dalam Roh itu juga Ia pergi memberitakan Injil kepada roh-roh yang di dalam penjara,(20) yaitu kepada roh-roh mereka yang dahulu pada waktu Nuh tidak taat kepada Allah, ketika Allah tetap menanti dengan sabar waktu Nuh sedang mempersiapkan bahteranya, di mana hanya sedikit, yaitu delapan orang, yang diselamatkan oleh air bah itu.

1Petrus 4:6 Itulah sebabnya maka Injil telah diberitakan juga kepada orang-orang mati, supaya mereka, sama seperti semua manusia, dihakimi secara badani; tetapi oleh roh dapat hidup menurut kehendak Allah.

Tanggapan saya:

Tentang Kejadian 37:35 kata “dunia orang mati” adalah menunjuk kepada kubur. Tidak semua kata SHEOL itu diartika neraka, tetapi bisa juga menunjuk kepada kuburan.

Tentang 1Samuel 28:13-19 tidak pernah dikatakan bahwa itu adalah benar2 Samuel, sangat meragukan bahwa itu adalah benar2 Samuel. Saul juga tidak melihat adanya penampakan Samuel, yang ada adalah peramal itu berkata bahwa dia melihat seseorang yang ciri2nya mirip Samuel. Jika kita tidak yakin, nanti akan saya terangkan dengan banyak ayat, apakah benar ayat2 Alkitab mendukung pandangan tempat netral ini.

Tentang 1Petrus 3:18-20 ada yang menafsirkan bahwa Yesus hanya memproklamasikan kemenanganNya dan bukan untuk menyelamatkan roh2 itu. Ada juga tafsiran kuat yang saya pegang saat ini menerangkan bahwa yang dimaksud Yesus menginjil kepada roh2 yang ada di dalam penjara adalah, Yesus di dalam Roh telah memberikan kesaksian melalui perantaraan Nuh kepada orang2 pada jaman dahulu yang roh orang2 itu sekarang telah mati dan telah berada di dalam penjara. Disini konteksnya adalah “Yesus dibangkitkan oleh Roh,” dan diterangkan di dalam kalimat selanjutnya bahwa di dalam Roh yang sama yang membangkitkan Yesus itulah dulu Yesus memberikan kesaksian kepada roh2 di dalam penjara, siapakah orang2 di dalam penjara itu? Diterangkan di dalam kalimat selanjutnya bahwa roh2 yang di dalam penjara itu adalah roh2 orang2 pada jaman Nuh yang tidak taat.

Jadi maksudnya adalah, dahulu waktu jaman Nuh, Yesus di dalam Roh telah bersaksi di dalam diri/roh orang2 itu bahwa mereka harus percaya kepada Nuh dan orang2 itu sekarang telah menjadi roh2 yang berada di dalam penjara, oleh sebab itu Petrus menerangkan dengan kata2 “roh2 yang berada di dalam penjara.”

Tentang 1Petrus 4:6 ada yang menafsirkan bahwa orang2 mati ini adalah bukan mati secara badaniah tetapi orang2 hidup yang mati rohani. Ada juga tafsiran lain yang saya pegang sampai sekarang yaitu, Petrus menerangkan bahwa Yesus dulu memberitakan Injil kepada orang2 hidup dan orang2 ini sekarang TELAH MATI. Maka “dihakimi secara badani sama seperti semua manusia” adalah menunjukkan kematian badani, dan “oleh roh dapat hidup” adalah menunjuk kepada keselamatan yang sekarang mereka terima. Karena topik dalam ayat ini adalah “menderita dengan sabar” maka arti kata2 “dihakimi secara badani” adalah dimana orang2 yang sudah mengenal Injil ini mati sebagai orang benar/martir, walaupun mereka mati tetapi roh mereka sekarang hidup/mendapat kehidupan kekal.

Mari kita lanjutkan dengan ayat2 lain.

Matius 11:23 Dan engkau Kapernaum, apakah engkau akan dinaikkan sampai ke langit? Tidak, engkau akan diturunkan sampai ke dunia orang mati! Karena jika di Sodom terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, kota itu tentu masih berdiri sampai hari ini.

Amsal 15:24 Jalan kehidupan orang berakal budi menuju ke atas, supaya ia menjauhi dunia orang mati di bawah.

Ayat2 diatas menunjukkan bahwa  DUNIA ORANG MATI dikontraskan dengan LANGIT(OURANOS), maka DUNIA ORANG MATI seharusnya bukan tempat netral.

Kish Para Rasul 2:27 sebab Engkau tidak menyerahkan aku kepada dunia orang mati, dan tidak membiarkan Orang Kudus-Mu melihat kebinasaan.

Ayub 26:6 Dunia orang mati terbuka di hadapan Allah, tempat kebinasaanpun tidak ada tutupnya.

Mazmur 9:18 Orang-orang fasik akan kembali ke dunia orang mati, ya, segala bangsa yang melupakan Allah.

Ulangan 32:21-22

(21) Mereka membangkitkan cemburu-Ku dengan yang bukan Allah, mereka menimbulkan sakit hati-Ku dengan berhala mereka. Sebab itu Aku akan membangkitkan cemburu mereka dengan yang bukan umat, dan akan menyakiti hati mereka dengan bangsa yang bebal. (22) Sebab api telah dinyalakan oleh murka-Ku, dan bernyala-nyala sampai ke bagian dunia orang mati(SHEOL) yang paling bawah; api itu memakan bumi dengan hasilnya, dan menghanguskan dasar gunung-gunung.

Ayat diatas menunjukkan bahwa DUNIA ORANG MATI diidentikkan dengan KEBINASAAN, MURKA TUHAN, KEFASIKAN. Jadi DUNIA ORANG MATI seharusnya bukan tempat netral. DUNIA ORANG MATI adalah TEMPAT KEBINASAAN.

Yudas 1:7 sama seperti Sodom dan Gomora dan kota-kota sekitarnya, yang dengan cara yang sama melakukan percabulan dan mengejar kepuasan-kepuasan yang tak wajar, telah menanggung siksaan api kekal sebagai peringatan kepada semua orang.

Ayat diatas mengatakan bahwa Sodom dan Gomora TELAH menanggung siksaan api kekal. Berarti tempat penghukuman sudah ada, bukan tempat netral.

2Raja-raja 2:11 Sedang mereka berjalan terus sambil berkata-kata, tiba-tiba datanglah kereta berapi dengan kuda berapi memisahkan keduanya, lalu naiklah Elia ke sorga dalam angin badai.

Kejadian 5:24 Dan Henokh hidup bergaul dengan Allah, lalu ia tidak ada lagi, sebab ia telah diangkat oleh Allah.

Ibrani 11:5 Karena iman Henokh terangkat, supaya ia tidak mengalami kematian, dan ia tidak ditemukan, karena Allah telah mengangkatnya. Sebab sebelum ia terangkat, ia memperoleh kesaksian, bahwa ia berkenan kepada Allah.

Ayat2 diatas menunjukkan bahwa Elia dan Henokh diangkat ke SORGA, bukan ke DUNIA ORANG MATI/tempat netral.

NB: Adik saya yang paling muda pernah berkata, jika orang mati bisa di Injili olehYesus, maka tidak akan ada orang yang masuk neraka, semua akan masuk sorga, siapa yang tidak akan percaya jika Yesus yang menginjil sendiri di depan mata dengan membuktikan Dia memang benar2 adalah Tuhan.

Salam ^_^

7 Tanggapan

  1. Bos, thx utk article nya. Nanti gw baca pelan2 ya sbb ini pelajaran berat🙂

    Mesti bikin BTBC nih – Back To the Bible Church🙂

    Sent from my iPad2

  2. Kesaksian mereka2 yang telah mengalami Roh nya dibawa malaikat ke Sorga dan bertemu dengan Yesus dan melihat Firdaus, Sorga dan Neraka menjadi barang berharga bagi kita dan adalah lebih PENTING daripada membahas/menafsirkan berkepanjangan yang cenderung simpang siur, karena setiap orang sering berbeda pendapat/penafsiran. GBU.

    • @pontas sagala

      Trimakasih karena telah komen di blog saya. Pertama-tama yang harus saya tegaskan adalah, saya membuat blog ini untuk membahas sesuatu BERDASARKAN ALKITAB, anda bisa membacanya di tautan TENTANG BLOG DAN PENULIS,

      Lalu, menurut saya pribadi, saya kurang setuju jika pengalaman pribadi dijadikan suatu hal yang lebih penting karena pengalaman pribadi setiap orang juga banyak yang berlain2 an, hal itu adalah fenomena yang noumenanya juga tidak jelas. Jadi menurut saya akan sangat tidak bertanggungjawab bila pengalaman pribadi dicritakan dengan tujuan dijadikan suatu pengajaran karena tidak ada dasarnya. Jika dasar menceritakan pengalaman itu adalah Alkitab, maka kembalinya ya balik2 Alkitab lagi dan hal itu tidak bisa terhindar dari suatu penafsiran.

  3. Tulisan yang bagus my brother from the other mother and father, semangat terus menghasilkan karya2 demi kemuliaan Yesus.

  4. Jangan pernah berkata bahwa “Yesus berbohong”, tapi mungkin kita yang kurang mengerti, karena banyak hal dalam alkitab yang perlu penafsiran (perumpamaan). Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amiiiin.

    • @pontas sagala. Trimakasih pak Pontas. Saya setuju sekali bahwa seharusnya Yesus tidak bohong dan kita yang butuh menafsirkan semuanya krn tidak mengerti dan Inilah penafsiran saya. Namanya penafsiran bisa salah, bisa ada yang lebih kuat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: